Teknik Dasar yang Wajib Diketahui Gitaris


Sebelumnya kita sudah membahas teknik slap dalam bermain bass, kali ini gilarannya kita membahas gitar. Sobat Gitar Gaul, mengetahui semua teknik dalam bermain gitar memang tidak mudah. Akan tetapi jika Sobat tekun dan terus mempelajari berbagai teknik bermain gitar, sudah pasti Sobat akan menjadi seorang gitaris yang profesional. Buat kamu yang sudah handal bermain berbagai macam teknik bermain gitar, selamat ya, dan buat kamu yang baru akan menjadi gitaris profesional, selamat juga, karena dengan membaca artikel ini menjadi bentuk nyata awal langkah kamu menjadi gitaris profesional.

Bagi seorang gitaris  profesioanal yang lahir dari sebuah Musik Course, istilah-istilah seperti seperti legato, sweepicking, arpeggio,legato , speed picking, harmonikdan lain lain sudah tidak asing terdengar. Berbeda dengan Sobat Gitar Gaul yang baru belajar gitar, dan mempelajari gitar dengan cara otodidak. Pastinya istilah-istilah ini akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya.



Berikut ini teknik-teknik dasar dalam permainan gitar yang dipakai oleh seorang gitaris profesional.

1.Alternate Picking :
Teknik ini dilakukan dengan menggerakan kebawah dan keatas dalam memetik senar gitar"string" secara konstan dan bergantian.

2.Slur :
Teknik slur ini di bagi menjadi 2 yaitu  Hammer-On (ascending slur) dan Pull Off (descending slur).teknik Slur ini termasuk salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain gitar elektrik maupun gitar akustik.

Hammer-On :Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk (hammer/palu) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.

Pull-Off :Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.sementara notPertama masih berbunyi.

3.Legato :
Teknik Legato adalah teknik gabungan slur dari beberapa nada (biasanya dari nada tinggi ke rendah) yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

4.Bending :  
Teknik Iini pada dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari.

5. Slide :
Teknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur (Ascending slide atau Descending slide).

6. Harmonic :
Teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik sentuhan jari "touch".

7. Tapping :
Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.

8. String Skipping :
Teknik yang di mainkan dengan cara melewati (melangkahi) 1 senar atau skip senar.

9. Sweep Picking :
Teknik yang di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.

10. Arpegio:
Teknik memetik senar degan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio".

11. Ascending :
permainan bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.

12. Descending :
kebalikan dari ascending, yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke nada rendah.

13. Barre :
satu jari yan menekan beberapa senar atau fret sekaligus.

14. Chicken picking :
teknik petikan denga menggunakan pick dan jari. biasanya sering di pakai oleh musisi
country.

15. Five not per string :
Teknik dengan menggunakan lima not tiap senar.

16. Passing note :
nada yang berfungsi sebagai penghubung.

17. Range :
Rentang atau jangkauan nada.

18. Slide up :
Teknik Slide up dilakukan dengan membunyikan satu nada kemudian menggeser ke nada yang lebih tinggi.

19. Slide down :
Sementara Slide down merupakan kebalikan dari slide up.

20.Stretching :
Stretching  dilakukan dengan gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.

Nah Sobat Gitar Gaul, butuh waktu juga ya untuk menghapal semua teknik-teknik ini. Pastinya dengan belajar dengan rutin dan tekun, teknik-teknik ini akan mudah dikuasai. Selamat mencoba (editor:wiwik)

Bagi anda pengguna smartphone Android bisa menginstal aplikasi Cara Bermain Gitar  :
Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :
1) Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA
2) Dilarang berkomentar untuk SPAM
3) Dilarang berkomentar yang saling mencela
4) Dilarang Menaruh link hidup dalam berkomentar
Bagi sobat yang melanggar peraturan berkomentar, maka akan admin Hapus komentarnya.

Konversi Kode Emotion Out Of Topic