Belajar Teknik Slap Dalam Bermain Bass


Sobat Gitar Gaul, pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang teknik dasar bermain bass untuk pemula. Nah kali ini kami akan membahas tentang salah satu teknik bass yang sering digunakan yakni tekni Slap. Biasanya pemula menganggap bahwa bermain bass itu lebih mudah daripada bermain gitar, bahkan terkadang banyak yang meremehkan peranan permainan bass dalam sebuah band. Padahal, band tanpa didukung oleh permainan bass yang baik, lagu yang dibawakan akan terasa hambar.

Yup kembali ke teknik Slap bass. Teknik ini merupakan teknik yang banyak digunakan pada bass terutama jenis musik funk dan jazz. Biasanya dilakukan dengan mencabik senar bagian bawah pada bass dan menampar dengan ibu jari. Buat Sobat Gitar Gaul yang sekarang lagi mendalami teknik bass, ini merupakan bacaan yang tepat.

Berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara belajar teknik slap untuk para pemula

1. Pelajaran pertama adalah membiasakan jari jari anda tepat pada tempatnya, yakni  sejajar dengan posisi senar, tepat lurus di atasnya, dan biasakanlah tidak miring (karena ini untuk memaksimalkan permainan slap bass untuk membetot bass. Jari jari anda juga mewakili masing masing senar dari senar nomor 1 hingga senar nomor 4. Perhatikanlah gambar berikut ini:


2. Biasanya, teknik salp bass lebih banyak menggunakan nada octave. Sebagai contoh, Sobat menggunakan kunci G, maka nada yang akan anda petik adalah nada rendah G dan nada octave/tinggi dari G. Nada kunci G berada pada freet ke 3 pada senar paling besar. Sedangkan oktave nya adalah pada fret ke 5 senar nomor 2 dari bawah yaitu yang akan memberikan nada G tinggi. Pada teknik ini perlu diingat bahwa posisi pergelangan tangan harus lurus dengan permukaan neck bass, supaya mudah bergerak.
Awalnya Sobat akan merasa kurang bertenaga untuk memencet senarnya. Namun dengan latihan secara perlahan, maka Anda akan mampu menekan senar dengan benar mendukung permainan yang lebih cepat. Yang terpenting adalah jangan menggenggam neck bass. Perhatikanlah gambar berikut:


3. Selanjutnya perhatikan posisi jempol anda yang harus lurus dengan senar bass yang paling atas yaitu nada E. Lihat gambar berikut:


4. Langkah selanjutnya adalah mulai memetik, dengan memukulkan jempol anda ke senar nomor 4, dan pastikan mengenai bagian tengah jempol pinggir kuku. Lalu berhenti pada senar dibawahnya yaitu senar nomor 3. Lakukan berulang ulang hingga anda terbiasa.


5. Langkah berikutnya adalah membetot bass  (biasanya 2 senar dari bawah yaitu senar nomor 1 dan 2 untuk nada octave). Betotlah  dengan menggunakan jari tengah atau jari manis, atau kalau kurang kuat, dan agar suara betotannya lebih kencang, anda bisa menggunakan dua duanya seperti pada gambar berikut:


6. Jika sudah terbiasa melakukan langkah-langkah yang di atas, selanjutnya lanjutkan dengan dengan teknik betot. Karena sebenarnya teknik slap (pukul) itu adalah  kombinasi dari slap dan pick (betot).
Nah sekarang Sobt Gitar Gaul sudah bisa belajar teknik slap dalam bermain bass. Latihan yang perlu anda jalankan adalah menslap senar besar misal nada G rendah, kemudian membetot nada tinggi octave G. Terus lakukan untuk semua Nada mulai dari A hingga G sesering mungkin. Anda akan terbiasa dan segera malaju ke teknik yang lebih mahir. Kalau Sobat semakin disiplin untuk mempelajarinya, maka akan cepat mahir dan mulailai bermain.


credit : http://musisi.org/belajar-slap-bass-untuk-pemula/
Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :
1) Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA
2) Dilarang berkomentar untuk SPAM
3) Dilarang berkomentar yang saling mencela
4) Dilarang Menaruh link hidup dalam berkomentar
Bagi sobat yang melanggar peraturan berkomentar, maka akan admin Hapus komentarnya.

Konversi Kode Emotion Out Of Topic