Hidup Penuh Pilihan

Nah seperti yang kita tahu kalau hidup ini memang penuh dengan pilihan. Tetapi sebenarnya dengan banyak pilihan itu kita sedang diuji untuk memilih sebuah pilihan yang nantinya akan berdampak pada diri kita ini. Jadi setiap pilihan yang kita ambil nanti akan berdampak pada diri kita baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu tentukanlah pilihan yang paling tepat untuk diti kita yang nantinya bisa memberi dampak positif. Jangan sampai kita membuat pilihan yang salah berulang-ulang kali. Lakukanlah pemilihan yang paling bijak. Untuk itu cara menjadi bijak itu adalah dengan banyak pengalaman yang kita dapat dari seringnya kita menghadapi pilihan. Semakin sering kita menghadapi pilihan maka kita akan menjadi lebih berpengalaman dalam menentukan pilihan tersebut. Dan yang perlu diingat, berbahagialah karena kita masih memiliki pilihan hidup, karena beberapa orang tidak memiliki pilihan dalam hidupnya, dan nasib mereka hanya ditentukan oleh orang lain.
Karena hidup ini memang banyak pilihan, jadi belajarlah untuk menjadi seorang yang bijak. Buat sebuah keputusan yang tepat yang tidak membuat kita menyesal kemudian nanti. Kadangkala memang kita pernah salah membuat keputusan yang menyebabkan kita menyesal, tetapi bukan berarti kita ini bodoh dalam membuat keputusan. Orang yang bodoh itu selalu membuat keputusan yang salah dan tidak pernah belajar dari kesalahannya tersebut. Tetapi orang yang pandai pasti dia akan belajar dari kesalahan yang dilakukannya sebelumnya dan kesalahan yang telah dilakukanya tadi dia jadikan sebuah pengalaman untuk mengambil pilihan2 yang selanjutnya agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Terkadang memang tidak mudah untuk membuat sebuah pilihan di mana pilihan yang akan kita ambil ini hampir sama. Nah di saat itu lah kita ini sedang diuji untuk menentukan pilihan yang paling baik diantara yang baik. Jadi tentukanlah sebuah pilihan yang paling bermanfaat bagi kita. Dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita untuk melakukannya. Terkadang kita membuat pilihan yang kelihatannya baik untuk kita tetapi sebenarnya sesuatu tadi tidak terlalu berguna bagi kita dan kita hanya menentukan pilihan tersebut berdasarkan kesenangan saja. Nah utnuk membuat pilihan yang paling tepat itu dibutuhkan sebuah pengalaman dan juga pembelajaran. Orang yang memiliki pengalaman yang banyak pasti bisa menentukan keputusan yang bijak dan juga paling tepat. Untuk itu belajarlah selalu dari apa yang telah kita lakukan pada sebelumnya dan jadikan itu sebagai bahan untuk menambah pengalaman kita dalam mengambil keputusan. Memang tidak lah mudah untuk menjadi seorang yang bijak yang bisa membuat keputusan yang tepat. Tetapi bukannya itu tidak mungkin untuk kita2 yang masih pemula dalam mengambil keputusan. Yang penting kita harus tahu tujuan hidup kita dengan jelas. Buatlah keputusan2 yang bisa mendukung untuk tercapainya tujuan hidup kita tadi. Selain itu selain kita belajar dari pengalaman sendiri, kita juga harus belajar dari pengalaman orang lain. Memang terkadang nasehat2 dan petuah2 dari orang lain itu terdengar seperti teori saja bagi kita, dan kita merasa itu tidak masuk akal. Nah pikiran seperti itu lah yang harus kita hilangkan, karena teori dan nasehat orang lain itu berasal dari pengalaman orang tersebut. Sehingga terimalah setiap masukan2 yang bermanfaat dengan bijak, tidak mengacuhkannya tetapi juga harus pandai menyikapinya.
Pilihan sebenarnya merupakan hal yang menyenangkan. Coba kita berpikir dan melihat kondisi Indonesia saat ini. Seperti yang kita tahu banyak rakyat golongan bawah tidak memiliki banyak pilihan dalam hidup mereka. Mereka hanya mengikuti peraturan dan juga hukum yang ditetapkan pemerintah saja. Dan nasib hidup mereka pun juga tidak jelas. Oleh sebab itu berbahagialah kita yang masih memiliki pilihan dalam hidup ini. Karena kondisi kita masih lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Dan pikirkan pilihan yang akan kita ambil itu dengan sungguh2 sehingga nantinya pilihan yang kita ambil itu tepat, serta lakukan apa yang telah kita pilih tadi dengan totalitas, sehingga tidak menimbulkan penyesalan karena kita telah mengabaikan pilihan yang lainnya. Utamakan apa yang menjadi tanggung jawab kita dan juga yang menjadi tujuan hidup kita.

"Pilihan yang Menuntunmu ke Masa Depan"
Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :
1) Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA
2) Dilarang berkomentar untuk SPAM
3) Dilarang berkomentar yang saling mencela
4) Dilarang Menaruh link hidup dalam berkomentar
Bagi sobat yang melanggar peraturan berkomentar, maka akan admin Hapus komentarnya.

Konversi Kode Emotion Out Of Topic